HANYA YANG TERBAIK YANG KAMI BERIKAN UNTUK ANDA KARENA PENDIDIKAN ADALAH INVESTASI MASA DEPAN

Kamis, 11 Oktober 2012

LEBIH ASYIK BELAJAR SD KELAS 1 KTSP TEMATIK


Lebih Asyik Belajar SD
Kelas 1 Tematik Diri Sendiri


Seri : Lebih Asyik Belajar SD
Judul : Kelas 1 Tematik Diri Sendiri
Media : CD Interaktif (CD ROM)
Harga Pulau Jawa : Rp 65.000
Harga Luar Jawa : Rp 70.000








CD ini merupakan aplikasi belajar interaktif untuk anak kelas 1 SD yang telah disesuaikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)  dengan penyampaian materi metode tematik berkarakter.
Anak-anak akan ditemani oleh Ajo (si anak juara) yang akan berpetualang menyelamatkan desanya yang hancur karena gunung meletus. Sebagai anak yang pantang menyerah, Ajo giat membantu warga desanya untuk memperbaiki keadaan kampungnya yang rusak sehingga kembali seperti sedia kala. Episode-episode yang menarik, teman-teman yang aneh bin ajaib, Damar yang lucu dan cadel akan menemani anak anda belajar dan bermain.
Setiap tahap perbaikan di desa, ternyata juga membimbing anak-anak belajar materi SD kelas 1 yang terdiri dari pelajaran IPS, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Tak terasa, sambil membantu Ajo dan teman-temannya, anak kita dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
CD pertama Ajo ini berisi materi dengan tema DIRI SENDIRI untuk belajar di bulan-bulan pertama kelas 1. Dengan acuan Standar Isi dan Standar Kompetensi yang sedang berlaku sekarang di sekolah-sekolah umum , materi dan latihan yang lengkap akan memaksimalkan  pencapaian penguasaan materi yang disyaratkan kurikulum.
Setiap materi pelajaran  dilengkapi dengan cerita yang penuh dengan tantangan, materi pelajaran sebagai hint (jika kesulitan menjawab pertanyaan), dan latihan soal yang banyak. Setiap kali memainkan CD ini maka akan didapatkan materi latihan yang selalu berbeda, sehingga anak anda tidak akan merasa bosan.
Karakter yang dipelajari dari Ajo adalah pantang menyerah, berani, tekun dan suka menolong.
Materi IPS.
IPS pada tema Diri sendiri, mensyaratkan anak untuk dapat menyebutkan nama lengkap, mengetahui dan dapat menuliskan nama ayah, nama ibu, menuliskan alamat rumah, dan menghitung jumlah anggota keluarga.
Bersama Ajo anak-anak diminta untuk menyelesaikan tugas mencari kayu untuk membangun jembatan, dengan syarat dapat menyebutkan dan menuliskan identitas diri dan keluarga. Dalam setiap perjalanan bersama Ajo, anak kita dapat mengakses langsung tutorial mata pelajaran untuk membantu anak dalam menjawab pertanyaan tantangan yang diberikan oleh Ajo maupun teman-teman Ajo.
Ajo memiliki teman yang sukar dilupakan, karena lucu, pintar, dan baik. Cerita yang berkesan dan teman-teman yang lucu, membuat anak dapat dengan mudah mengingat posisi-posisi materi pelajaran dengan mudah. Contohnya: Apa yang disebut dengan nama ayah? Jika anak anda lupa, anak anda dapat diingatkan dengan menyebut teman Ajo yang bernama Damar, si Tarsan yang tinggal di hutan dan cadel.
Materi PKN.
Bersama Ajo, anak-anak diminta untuk mengelompokkan anak perempuan dan laki-laki, memilih pakaian , dan mainan yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Secara visual, anak dapat memilih jawaban sesuai yang disyaratkan untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Perlu diingat, bahwa pemisahan ini merupakan pemahaman umum yang berlaku luas di masyarakat. Seperti: boneka adalah mainan anak perempuan. Boneka yang digambarkan, adalah boneka yang memang girly, sehingga anak tidak terlalu bingung dalam menentukan pilihannya. Anak laki-laki juga memang punya boneka, tapi boneka yang lebih jantan kan?
Materi Bahasa Indonesia.
Petualangan Ajo dilanjutkapn sambil belajar Bahasa Indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi di atas, maka anak diminta untuk mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan, mengikuti perintah untuk membereskan kamar yang berantakan, menjiplak bentuk, latihan menulis huruf, mengenal suara-suara.
Materi IPA
Petualangan Ajo berlanjut sambil memahami materi pelajaran IPA. Anggota tubuh diperkenal sambil mengobati anggota tubuh para korban bencana alam. Teteskan obat ke mata, oleskan salep ke telinga dan perintah lainnya, yang membuat anak dapat mengenal anggota tubuh dan cara merawatnya. Pengetahuan anak akan dilengkapi juga dengan pilihan makanan sehat, dan cara hidup bersih dan sehat.
Materi Matematika
Disini Ajo membantu Pak Tani mengumpulkan hasil panennya sambil belajar berhitung. Semua materi sesuai standar kompetensi dijadikan tantangan untuk anak. Setiap tantangan dapat dilakukan berulang-ulang untuk lebih banyak berlatih. “Practice makes perfect”.. bukan?
Materi Bahasa Inggris
Sebagai materi pengaya, maka Bahasa Inggris diberikan dalam tema yang sama yaitu Diri Sendiri. Anak didik diperkenalkan dengan kosa kata bahasa Inggris yang berhubungan dengan anggota tubuh. Tantangan yang diberikan disampaikan dalam bahasa Inggris, seperti “where is the eyes”. Anak belajar memahami kalimat pertanyaan dalam bahasa Inggris. Sebaiknya anak kita didorong untuk menirukan ucapan-ucapan bahasa Inggris yang ada dalam CD, sehingga mereka menjadi berani untuk berbahasa Inggris.
Dan yang terakhir, bagaimana dengan pembentukan karakter anak, seperti yang sedang ramai dibicarakan sekarang, yaitu KTSP yang berkarakter? Seperti sudah umum diketahui, dongeng adalah pembentuk karakter anak. Sambil mendengarkan cerita petualangan Ajo yang berani, pantang menyerah, ingin bersusah payah membantu teman yang sedang dalam kemalangan, jujur dalam menghitung buah (dalam membantu pak tani), sedikit-sedikit anak paham dan akan menyukai karakter baik yang ada dalam sosok Ajo dan teman-temannya. Seperti yang disyaratkan oleh Standar Nasional Pendidikan dasar, karakter yang dibentuk untuk anak didik adalah:
  • Dapat dipercaya
  • Rasa Hormat dan Perhatian
  • Tekun
  • Tanggung Jawab
  • Berani
Tidak lupa, ada sisipan games nya juga lho...Selamat mencoba,dan banyak berlatih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar